Home / KAMTIB / KAPOLRES HUMBAHAS GELAR PRESS RELEASE PENANGKAPAN TERSANGKA KASUS PENIPUAN DENGAN MODUS TAWARAN KERJASAMA JUAL BELI BARANG ELEKTRONIK

KAPOLRES HUMBAHAS GELAR PRESS RELEASE PENANGKAPAN TERSANGKA KASUS PENIPUAN DENGAN MODUS TAWARAN KERJASAMA JUAL BELI BARANG ELEKTRONIK

tribratanews.polreshumbahas.com – Pada hari ini Kamis (26/09/2019) Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) AKBP Dr. Mhd. R. Dayan, SH, MH menggelar press release penangkapan tersangka kasus penipuan dengan modus tawaran kerjasama jual beli barang elektronik.

Tersangka kasus penipuan tersebut berjumlah tiga orang, namun satu orang tersangka yang menjadi pelaku utama penipuan berada di Rutan Kelas II A Doloksanggul bernama Leo Abjes Simamora (24).

Kedua tersangka lainnya bernama Dewi Sartika Simamora (24) diamankan personil Satuan Reskrim Polres Humbahas saat berada di Lapangan merdeka Doloksanggul dan Jhon Mories Purba (24) diamankan saat berada di ATM Bank BRI Jl. Merdeka Doloksanggul.

Keduanya diamankan pada tanggal 21 September 2019 sekitar pukul 15.30 wib.

Sebelumnya personil Sat Reskrim Polres Humbahas mendapat laporan dari seorang korban bernama Bangun Panggabean (34) pada tanggal 21 September 2019.

Dalam keterangannya, bangun mengatakan bahwa ia menerima telepon dari seseorang yang mengaku bernama Roni Banjarnahor, mantan muridnya waktu SMA. (Roni adalah tersangka Leo Abjes Simamora)

Roni yang mengaku bekerja di bea cukai menawarkan kerjasama kepada korban untuk menjual barang elektronik yang telah disita oleh pihak bea cukai yang akan dijual dengan nilai harga jauh lebih murah dari harga aslinya.

Roni juga mengatakan telah menemukan seorang pembeli yang akan membeli barang elektronik tersebut, Roni kemudian menyuruh korban untuk menelepon pembeli yang bernama Asong.

Roni kemudian meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang panjar agar barang elektronik tersebut dapat diambil dari bea cukai baru kemudian di jual kepada Asong.

Kemudian pada tanggal 21 September 2019, Roni kembali meminta uang kekurangan panjar tersebut kepada korba. Korban yang saat itu sudah merasa ditipu kemudian melaporkan kejadian yang dialaminya kepada Sat Reskrim Polres Humbahas.

Setelah dilakukan penyidikan oleh penyidik, tersangka Dewi dan Jhon mengaku hanya membantu tersangka Leo.

Tersangka Leo Abjes Simamora dikenakan pasal 378 dari KUH. Pidana sedangkan Tersangka Dewi dan Leo dikenakan pasal 378 Yo 56 subs 480 dari KUH. Pidana.

Dari tersangka penyidik menyita uang sebesar Rp 161.800.000; yang diduga hasil dari kejahatan mereka.

Sampai saat ini penyidik masih melakukan penyidikan lebih lanjut dan akan menyerahkan berkas kepada Jaksa penuntut umum secepatnya.

Kapolres Humbahas saat melakukan press release penangkapan tersangka kasus penipuan dengan modus tawaran kerjasama jual beli barang elektronik

About Lidya Ro Ops

Check Also

PERSONIL POLSEK PARLILITAN SAMPAIKAN PESAN KAMTIBMAS KEPADA MASYARAKAT DESA SIHAS TONGA YANG SEDANG NONGKRONG DI WARUNG KOPI

tribratanwes.polreshumbahas.com – Dalam meciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, pihak Kepolisian tak cukup berdiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *